Senin, 20 Januari 2014

tugas kkpi

tugas kkpi



Yahoo! Messenger (sering disingkat “Y!M” atau “YM”) merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!. Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapat diunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! yang lainnya, seperti Yahoo! Mail. Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah e-mail.
Yahoo! Messenger berada di bawah naungan Yahoo! Inc. ,yang merupakan sebuah perusahaan publik Amerika dengan kantor pusat di Sunnyvale, California (tepatnya di Silicon Valley), yang menyediakan layanan internet secara global, meliputi seluruh dunia. Perusahaan ini terkenal akan portal web, mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, iklan, pemetaan online (Yahoo! Maps), Yahoo! Video, dan website media sosial dan jasa.
CARA MENJALANKAN YM (yahoo messeger)
angkah pertamayang anda para pemula lakukan untuk memasuki dunia yahoo messenger adalah adanya koneksi internet yang memungkinkan anda memasuki dunia maya. Tidak mungkin anda mampu chatting jika tidak memiliki fasilitas koneksi internet ini.
Kedua. Anda juga memerlukan software yahoo messenger yang terinstal dengan baik dalam komputer anda. Atau kalau anda melakukan koneksi lewat warung internet atau warnet anda harus mencari software ini apakah sudah terinstal atau belum. Saya kira sangat jarang warnet yang tidak menyediakan software ini pada layanan mereka. Kalau kebingungan silahkan download software chat client yahoo messenger di sini. Dalam link tersebut terdapat beberapa versi yahoo messenger, versi lama (6 atau 7), versi 8 dan versi 9. Ada juga versi vista. Saya sarankan pilih yang versi 8 or versi 9. Sekedar info, pada bulan agustus mendatang 2009 versi 7.5 kebawah termasuk versi 7 dan 6 sudah tidak  bisa digunakan lagi. jadi ambil versi 8 atau 9 ya :D
Update Terbaru (Januari 2012): Gunakan Yahoo Messenger 11.5 (supports Windows 7, emoticons tambah lengkap tanpa ada yang disembunyikan).
Update: untuk anda yang telah menggunakan windows 7 saya sarankan memakai Yahoo Messenger versi 10 atau versi terbaru saat ini (per Juli 2009), Yahoo Messenger 11 Final Version.
Kalau anda pengen chatting lewat handphone kamu, anda bisa memakai software ymess, yamee or ymtiny, untuk handphone yang berbasis java. Update: keliatannya ymess, ymtiny dan yamee udah gak bisa dipake lagi, saya sarankan untuk memakai applikasi yahoo messenger untuk mobile phone NEFANASA (bisa dipake juga untuk beberapa versi blackberry atau os symbian. Saran lain anda bisa pake Yahoo Messenger One for mobile keluaran resmi Yahoo: Download di sini. Bisa juga pake multiple client mobile phone seperti fring, ebuddy, palringo, dan masih banyak lagi. Khusus untuk chat client berbasis browser yang tidak perlu diinstall di hp kamu, kamu bisa juga masuk ke yahoo messenge lewat m.heysan.com/yahoo
Beberapa chat client yahoo messenger berbasis web juga tersedia, seperti meebo, atau yang lainnya. Kalau untuk third party chat client dari yahoo messenger kamu bisa pake yahaven, yahelite, yazak, dll (Penggunaa chat client yahoo messenger yang dikembangkan oleh pihak ketiga – third party – akan banyak manfaatnya dalam pertahanan oleh serangan flooding bot / yahoo boot atau sebagai anti boot yahoo messenger client- sesuatu yang mungkin belum penting kamu ketahui dalam tahap awal ini tetapi suatu saat pasti bermanfaat). Tapi lupakan tentang hal ini, kita kembali ke yahoo messenger tutorial memakai yahoo messenger biasa sebagai mana saya sebutkan di awal.
Biasanya sortcut yahoo messenger sudah terpampang di layar komputer dekstop anda. Klik dua kali atau klik kemudian tekan enter untuk masuk menjalankan software ini. Untuk pengetahuan yang lebih lanjut anda bisa menggunakan software-software chat (chat client) yang lainnya selain yahoo messenger.
Pengertian Chatting
Chatting adalah suatu feature / program dalam Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama-sama menggunakan Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara, demikian seterusnya.

Chatting tidak hanya populer kalangan remaja saja namun sekarang ini, sudah merambah kalangan dewasa bahkan orang tua sekalipun. Dengan chatting, kita bebas mengobrol apa saja mulai dari pekerjaan kantor, persahabatan, pelajaran sekolah, mata kuliah, percintaan & perjodohan, sampai dengan hal bersifat pribadi sekali pun. Saking bebasnya kadang-kadang membuat chatter-chatter kebablasan tanpa kontrol yang mungkin dapat membuat chatter lainnya marah dan tersinggung. Walaupun pada saat chatting, tidak terjadi tatap muka secara langsung, namun hal itu seharusnya tidak membuat para chatter meninggalkan etika ketimuran seperti dalam pergaulan pada umumnya. Sehubungan dengan etika dalam chatting, sudah banyak artikel di blog-blog, situs-situs, atau media lainnya yang mengulasnya, namun tidak ada salahnya untuk mengingatkan kembali akan pentingnya hal tersebut, maka pada TIPS DAN TRIK INTERNET kali ini akan memberikan tips tips dan etika yang ada hubungannya dengan chatting.


Sebenarnya kita semua sudah sepakat dan mengetahui etika chatting (walau pun tidak disebutkan secara tertulis), namun kita belum menyadari sepenuhnya untuk mempraktekkannya dengan benar. Nah, etika chatting tersebut antara lain, di bawah ini.

· Harus Sopan, siapa pun partner chatting kita, mengenalnya atau tidak, jangan sampai kita memperlakukan partner chatting dengan tidak sopan, seperti mengetikkan kata-kata porno atau kata-kata yang kasar atau tidak pantas lainnya.

· Jangan memaksakan kehendak, apapun alasan partner chatting sehingga dia tidak mau melayani percakapan dengan kita, kita harus menghormatinya dan tidak boleh memaksanya untuk menjawab atau meladeni percakapan kita.

· Harus Jujur, usahakan untuk menuliskan sesuatu apa pun dengan jujur (kecuali untuk hal-hal yang menyangkut privasi), karena hal ini akan membuat partner chatting kita percaya dan menghargai kita. Yakinlah bahwa sejelek atau seburuk apa pun, jika kita mengatakannya dengan jujur, orang lain akan menghargai kita dengan baik dan mengangkat topi untuk itu. Yang sering kita jumpai (bahkan saya sendiri) adalah sulit untuk mengatakan apa adanya, seperti umur, status, atau perkerjaan.

· Jangan suka mengganggu dan iseng, walaupun partner chatting keliatan online, belum tentu dia mempunyai waktu untuk melakukan chatting dengan kita, siapa tahu dia mempunyai pekerjaan yang memerlukan konsentrasi. Jika demikian, kita tidak boleh mengganggunya atau mengisenginya dengan mengetikkan “BUZZ” terus menerus.

· Jangan pernah membawa SARA, karena hal ini sangat sensitive yang dapat memicu perselisihan dan yakinlah hal ini tidak akan memberi manfaat apa-apa bagi kedua belah pihak.

· Ucapkan salam, tidak ada buruknya jika ucapan salam diterapkan pada saat chatting yang justru dapat menambah suasana keakraban. Pada setiap perjumpaan kita bisa mengetikkan selamat siang, halo, hi, atau senang bertemu Anda kembali, atau jika ingin mengakirinya, bisa mengetikkan selamat tinggal, bye, atau sampai ketemu lagi.

· Jangan menuliskan dengan HURUF BESAR (kapital) karena hal ini mengandung arti teriakan sehingga dapat membuat partner chatting marah atau tersinggung.

· Aktifkan status offline, hal ini dapat menjadi alternative jika Anda sedang sibuk dan tidak ingin “diganggu” chatter lain, dan ini sah-sah saja.

· Jangan terlalu banyak membuka dialog pada saat yang bersamaan, jika Anda tidak ingin dikatakan tidak serius oleh partner chatting Anda, karena harus melayani banyak dialog dengan yang lain. Selain itu, jika sembari menyelesaikan tugas pekerjaan, maka akan sangat mengganggu kelancaran pekerjaan Anda tersebut.

· Jangan lupa minta izin kepada partner chatting, pada saat kita ingin meninggalkan komputer, siapa tahu dia sedang menunggu jawaban dari kita.

· Jika Anda salah masuk room dengan tema yang tidak Anda sukai, jangan sekali-sekali membelokkan tema obrolan sesuai keinginan Anda, kecuali Anda sudah mendapat mandat dari chatter lainnya. Atau lebih baik Anda keluar dari room tersebut.

Selain etika chatting yang telah disebutkan di atas, ada tips chatting lain yang mungkin perlu kita ketahui adalah, antara lain seperti di bawah ini.

· Gunakanlah nickname yang baik dan sopan.

· Jangan menggunakan nama asli sebagai nickname Anda.

· Jangan pernah memberikan alamat dan nomor telepon kepada chatter yang belum Anda kenal sama sekali.

· Jika Anda menggunakan webcam, jangan sembarangan memberi izin kepada chatter yang tidak Anda kenal.

· Jika ingin memview webcam dari partner chatter, harus meminta izin dengan baik-baik kepadanya, kalau pun tidak diizinkan Anda harus menghormatinya.

· Jika harus melakukan copy darat, pastikan Anda tidak sendirian, hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

· Jangan pernah melayani chatter yang menggunakan kata-kata kasar atau tidak sopan.
TELNET

Telnet adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan di Internet atau jaringan area lokal untuk menyediakan fasilitas interaktif dua arah berorientasi teks komunikasi menggunakan koneksi terminal virtual. User data di-band diselingi dengan informasi kontrol Telnet dalam koneksi data 8-bit byte berorientasi selama Transmission Control Protocol (TCP).
Telnet dikembangkan pada tahun 1969 dimulai dengan RFC 15, diperpanjang dalam RFC 854, dan distandarisasi sebagai Internet Engineering Task Force (IETF) Standar Internet STD 8, salah satu standar Internet pertama.
Secara historis, Telnet menyediakan akses ke antarmuka command-line (biasanya, dari sebuah sistem operasi) pada remote host. Sebagian besar peralatan jaringan dan sistem operasi dengan TCP / IP stack mendukung layanan telnet untuk konfigurasi jauh (termasuk sistem berbasis Windows NT). Karena masalah keamanan dengan Telnet, digunakan untuk tujuan ini telah menyusut dalam mendukung SSH.
Para telnet panjang juga dapat merujuk kepada perangkat lunak yang mengimplementasikan bagian klien protokol. aplikasi klien Telnet yang tersedia untuk hampir semua platform komputer. Telnet juga digunakan sebagai kata kerja. Untuk telnet berarti membuat koneksi dengan protokol Telnet, baik dengan klien baris perintah atau dengan antarmuka program. Sebagai contoh, sebuah direktif umum mungkin: "Untuk mengubah sandi Anda, telnet ke server, login dan menjalankan perintah passwd." Paling sering, seorang pengguna akan telnet ke sistem Unix-like server atau perangkat jaringan (seperti router) dan mendapatkan prompt login ke antarmuka baris perintah teks atau manajer layar penuh berbasis karakter.


Newsletter
Newsletter is a periodically published work containing news and anouncements on some subject, typically with a small circulation.

newsletter adalah publikasi yang berisikan tentang berita dan pengumuman yag diterbitkan dengan sirkulasi skala kecil. Newsletter biasanya merupakan publikasi internal suatu perusahaan.

Pentingnya PR Memahami Newsletter
Peran PR sebagai fungsi manajemen yang salah satunya adalah sebagai fasilitator komunikasi, namun pembahasan ditekankan untuk khalayak eksternal seperti press release, advertorial, dan poster. Dalam pembahasan ini akan dijelaskan mengenai fungsi PR sebagai fasilitator komunikasi internal dengan menggunakan alat komunikasi internal yaitu newsletter agar informasi yang disampaikan bersifat merata ke seluruh jajaran dalam organisasi.

Sebelum dibahas lebih lanjut mengenai newsletter, akan dijabarkan terlebih dahulu mengenai arus komunikasi  organisasi dan komunikasi dalam organisasi. Arus komunikasi tersebut terbagi menjadi tiga dimensi, yaitu:

(1) Komunikasi Vertikal
Adalah komunikasi dua arah timbal balik. Komunikasi jenis ini memegang peranan cukup vital dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajemen, yaitu komunikasi dari pimpinan organisasi (downward communication) dan dari staf organisasi ke level pimpinan (upward communication). Downward communication dapat berupa instruksi, petunjuk, informasi, penjelasan, dan penugasan, sedangkan upward communication berupa laporan, pelaksanaan tugas, sumbang saran, hingga dalam bentuk pengaduan.

(2) Komunikasi Horizontal
Merupakan komunikasi antar satu level, antara karyawan dengan karyawan lainnya, dan antar pimpinan satu departemen dengan departemen lainnya. Bisa juga terjadi komunikasi horizontal yang bersifat komunikasi silang (cross communication), artinya bisa melebar kesamping atau juga secara diagonal antar para karyawan dengan pimpinan departemen lain yang terlibat suatu pekerjaan dalam sebuah sistem komunikasi yang dipergunakan oleh organisasi.

(3) Komunikasi Eksternal
Merupakan komunikasi yang berlangsung atau terjadi dua arah antara pihak organisasi dengan pihak luar seperti rekan bisnis, kreditur (perbankan), konsumen, distributor, pers, dan pemerintah. Keberhasilan dalam membina komunikasi eksternal, juga sekaligus merupakan keberhasilan praktisi PR dalam upaya memperoleh dukungan, pengertian, kepercayaan, partisipasi, kerjasama, dan lain sebagainya dengan pihak publiknya.

Dalam praktiknya, komunikasi organisasi bukan sekedar berupa instruksi, penugasan petunjuk pelaksanaan kerja, laporan kerja dan pelaksanaan tugas. Namun komunikasi dimaksudkan untuk menjaga stabilitas hubungan antara organisasi dengan khalayak internal, dan sebagian khalayal eksternal, mempererat hubungan antar keduanya, dan menjamin informasi yang up-to-date dan bermanfaat. Salah satu dari banyak media dan sarana komunikasi, yang dapat fokus pada informasi bagi khalayak internal dan bersifat continue adalah melalui newsletter.


Definisi dan Pemahaman Newsletter

Newsletter merupakan alat komunikasi yang dibuat oleh praktisi PR, yang dikenal dengan sebutan editorial, yang diterbitkan secara berkala untuk kalangan sendiri (Rachmat Kriyantono: 2008). Pengertian lain mengenai newsletter diutarakan oleh Rosady Ruslan (2006), yaitu penerbitan inggriya yang sederhana untuk menyampaikan pesan-pesan perusahaan kepada khalayaknya. Topik yang disampaikan lebih fokus dengan khalayak sasaran yang lebih terarah. Asal mulanya, newsletter adalah ‘house journal’, yang dipergunakan  oleh praktisi PR untuk keperluan publikasi atau sebagai sarana komunikasi yang ditujukan pada kalangan terbatas, seperti karyawan, relasi bisnis, nasabah, atau konsumen.

Pada dasarnya, newsletter merupakan karya jurnalistik yang berisi berbagai informasi yang berkaitan dengan aktivitas perusahaan, tidak diperjual belikan (private publication), namun ada newsletter yang diperuntukkan khalayak eksternal. Newsletter internal dan eksternal biasanya dijumpai pada perusahaan besar yang area usahanya luas dan kompleks, dan memiliki anggaran dana khusus yang besar untuk memfasilitasi informasi perusahaan kepada khalayaknya. Dengan membuat newsletter, semakin membuktikan bahwa PR adalah wartawan yang melaksanakan profesi jurnalistik (journalist in resident), yang dalam pembuatan newsletter terdapat tahap pekerjaan jurnalistik, seperti mencari berita, menulis berita, mengedit, mengatur tata letak (layout), hingga percetakannya (Rachmat Kriyantono: 2008).


Fungsi Newsletter
Sebagai alat komunikasi organisasi, newsletter mencakup informasi yang perlu diketahui oleh khalayak internal dan eksternal yang meskipun dalam penyajiannya terkadang dibuat terpisah, newsletter diharapkan berfungsi untuk:
  1. Memberikan dorongan untuk memperkuat komitmen memberikan yang terbaik bagi perusahaan serta perbaikan moral kerja karyawan. Antara lain sebagai wahana pengakuan terhadap prestasi kerja karyawan.
  2. Sebagai media komunikasi yang menjembatani pihak manajemen dan karyawan, sehingga terjadi two-ways communication (komunikasi dua arah). Karyawan misalnya, bisa memperoleh informasi tentang strategi dan tujuan perusahaan serta informasi yang dibutuhkan untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik.
  3. Sebagai media publikasi melalui penyampaian informasi tentang kegiatan atau apa saja yang berkaitan dengan perusahaan dengan pihak lain.
  4. Sebagai wahana penjalin hubungan dengan publik internal dan eksternal.
  5. Sebagai representatif citra korporat di mata publik, baik buruknya kualitas newsletter akan menunjukkan citra siapa pembuatnya.


Jenis Isi Newsletter
Informasi dan isi dari newsletter bervariasi. Beberapa jenis isi yang bisa dimasukkan dalam terbitan newsletter antara lain:
  •  Kegiatan-kegiatan penting (rutin maupun insidental) yang dilakukan perusahaan. Misalnya, rapat pemegang saham, pameran dagang atau exhibition, menggelar seminar & workshop, dan sebagainya.
  • Kegiatan-kegiatan penting (rutin maupun insidental) yang dilakukan karyawan. Misalnya kegiatan karyawan dalam proses produksi, kegiatan olah raga bersama, employee gathering, kegiatan perayaan hari besar perusahaan atau nasional yang diikuti oleh karyawan. 
  • Tulisan khusus tentang profil karyawan dan pemberian penghargaan kepada karyawan berprestasi. Misalnya menulis profil pengabdian karyawan yang loyal selama puluhan tahun, atau profil karyawan teladan terbaik bulan ini. Maupun memperkenalkan profil personil baru perusahaan.
  • Artikel-artikel opini, baik dari PR maupun dari manajemen dan karyawan. Misalnya PR menulis tentang perlunya produktivitas kerja untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.
  • Surat pembaca, berupa penyampaian ide, gagasan, kritik dan saran, atau harapan-harapan karyawan.



Teknik Penulisan Newsletter
Poin-poin penting yang harus dipertimbangkan oleh PR dalam membuat newsletter adalah sebagai berikut:
Siapa sasaran newsletter
Penentuan khalayak sasaran ini sangat penting diuraikan karena berkaitan dengan rencana isi atau materi informasi yang harus disesuaikan dengan kebutuhan pembaca. Termasuk disini adalah cakupan pembaca. Selain itu juga sebagai dasar penentuan anggaran serta tata bahasa yang dipilih.

Jenis informasi yang ditampilkan

Menampilkan informasi yang bersifat “activityprogress report” yaitu, tentang aktivitas dalam perusahaan. Berisi artikel-artikel opini, karya tulis ilmiah, dan sebagainya. Akan lebih baik jika isi newsletter bervariasi. Jenis informasi ini tergantung pada jenis newsletter:
 Newsletter ditujukan untuk publik internal atau eksternal, dibuat secara terpisah, atau cukup satu newsletter dan mencakup semua khalayak sasaran.
Jenis informasi ditujukan untuk media komunikasi interaksi antara karyawan dengan manajemen.
 Newsletter ditujukan untuk membantu pihak supplier memahami dan menjual produk perusahaan.

Anggaran
Semakin luas khalayak sasaran yang dijangkau tentu akan membutuhkan biaya lebih besar. Anggaran juga ditentukan oleh bagaimana bentuk wajah newsletter. Newsletter yang dalam penyajiannya dalam bentuk lux dan berwarna tentu semakin mahal.

Kontinuitas
PR harus merencanakan kontinuitas waktu terbit. Diharapkan newsletter bisa terbit secara berkala. Jika waktu terbitnya tidak konsisten akan mempengaruhi kepercayaan khalayak sasaran. Termasuk disini adalah penetapan jalur distribusi kepada pembacanya.

Gaya dan format
Berkaitan dengan gaya bahasa, tipografi huruf, layout, jenis kertas, jenis terbitan (majalah, tabloid misalnya), perimbangan rubrik-rubriknya.
Gaya bahasa newsletter dikemas semenarik mungkin, komunikatif, dan jauh dari kesan formal agar tidak menghambat jalinan komunikasi antara manajemen dengan karyawan.
Gaya bahasa yang formal dan kaku sering dijumpai pada newsletter yang dibuat oleh lembaga pendidikan maupun pemerintahan.
Proses percetakan, termasuk bentuk cetakan, deadline dan jadwal konsisten diterbitkannya newsletter, cara mencari berita atau siapa sumber berita.
Nama newsletter perlu ditata dengan baik, menarik, mudah diingat, dan mampu merepresentasikan jiwa perusahaan.


Langkah-langkah penulisan newsletter
(1) Menentukan materi informasi
PR sebagai pemimpin redaksi sekaligus pencari berita bertanggung jawab atas ketersediaan materi informasi yang akan dimuat. Disini akan dilakukan beberapa aktivitas pekerjaan, yaitu:
Mencari materi atau berita yang akan diinformasikan
Menulis materi yang akan disajikan
Wawancara nara sumber berita
Penentuan tata letak serta desain grafis


Newsletter yang ditujukan untuk khalayak internal mencakup materi tentang:
  • Tujuan-tujuan manajemen, seperti pergantian struktur dan kebijakan baru yang harus disebarkan secara merata dan diketahui oleh khalayak internal.
  • Dorongan moral kerja karyawan, seperti menampilkan karyawan terbaik bulan ini, karyawan teladan tahun ini, dan pemberian hadiah sebagai motivasi.
  • Kegiatan-kegiatan perusahaan yang melibatkan pimpinan dan karyawan, seperti perayaan hari jadi perusahaan, hari besar nasional, dan sebagainya.


Newsletter yang ditujukan untuk khalayak eksternal mencakup materi tentang:
  • Kegiatan-kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan khalayak eksternal khususnya masyarakat yang menjadi target pasar, seperti sosialisasi himbauan masyarakat, kegiatan corporate social responsibility, dan sebagainya.
  • Kegiatan-kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan konsumen yang bertujuan untuk memunculkan rasa “sense of belonging” dan dapat menarik perhatian konsumen untuk berpartisipasi, misalnya informasi tentang potongan harga bulan ini, member gathering, konsumen yang memenangkan undian, dan sebagainya.
  • Kegiatan pemberian penghargaan atau award yang dimenangkan oleh perusahaan dalam kompetisi sebagai perusahaan terbaik atau perusahaan yang memproduksi kualitas produk terbaik berdasarkan survey konsumen maupun pihak lain seperti pemerintah dan badan internasional


(2) Mencari berita
PR dalam mencari materi berita untuk newsletter sama halnya dengan tugas jurnalistik. PR bisa mencari berita melalui interview, menggali data dokumen atau artikel-artikel lain. Lebih baik lagi bila PR melibatkan karyawan untuk menyumbangkan tulisan mereka.

(3) Tentukan batas deadline
Dalam pembuatan newsletter dikenal prinsip “newsletter akan kehilangan wibawanya bila sering terlambat terbit dan tidak bisa dipastikan kapan”. Disiplin terhadap waktu terbit newsletter menunjukkan bahwa PR konsisten dalam memberikan informasi kepada khalayaknya.

(4) Memberi foto atau gambar menarik
Newsletter sebaiknya dicetak pada kertas yang berkualitas baik serta diberi variasi foto yang menarik, yang dapat mewakili setiap tulisannya. Perwajahannya pun harus menarik sehingga menarik kesan lux. Newsletter membawa citra perusahaan, jika bentuk dan penyajiannya baik, maka akan mendukung citra perusahaan menjadi semakin positif.

(5) Mengedit dan mengatur naskah
Praktisi PR harus bisa berlaku sebagai seorang editor yang baik, sehingga mampu memperbaiki naskah-naskah yang kurang baik. Dalam tahapan ini, PR mengedit tulisan, format newsletter, jumlah artikel yang dimuat, dimana foto-foto akan diletakkan, desain animasinya, bagaimana headline-nya, dan sebagainya.

(6) Newsletter bukan media promosi
Sekali lagi, newsletter adalah media komunikasi yang berisi tentang aktivitas manajemen, karyawan, konsumen, dan publik lainnya. Newsletter bukan media penjualan produk, sehingga bentuk dan penyajiannya harus dibedakan dengan brosur untuk promosi penjualan dan menghindari kesan menjual.

(7) Melakukan ulasan
Setelah newsletter terbit, tugas PR sebagai editor adalah mengulas terbitan baru tersebut. PR harus mengulas bagaimana respon pembacanya. Pada prinsipnya, PR harus memastikan agar terbitan berikutnya dapat diperoleh hasil yang lebih baik (for better tomorrow).

PR dalam membuat newsletter diharapkan dapat mengacu pada teknik penulisan seperti yang dijelaskan diatas. Namun pada praktinya, PR memiliki keluwesan dan keleluasaan dalam menentukan bentuk dan penyajian newsletter yang menurutnya terbaik bagi khalayaknya dan mencerminkan culture di masing-masing perusahaan. Perlu diingat bahwa, setiap perusahaan mempunyai ciri dan gaya masing-masing dalam mengungkapkan citra dirinya, dan PR yang paling memahami bagaimana mengekspresikan perusahaannya di mata khalayaknya tersebut.

BULLETIN BOARD SYSTEM (BBS)
Bulletin Board System (BBS) adalah suatu sistem komputer yang mengaktifkan perangkat lunak yang memungkinkan pengguna-pengguna untuk memutar nomor ke sistem melalui saluran telepon dan menggunakan terminal progam untuk melakukan fungsi-fungsi seperti men-download perangkat lunak dan data, meng-uplaod data, memainkan game, membaca berita-berita dan saling bertukar pesan dengan pengguna-pengguna lainnya.

Selama masa keemasannya, diantara tahun 1980-an sampai pertengahan tahun 1990-an, BBS kebanyakan digunakan sebagai hobi. Dalam penggunaannya, istilah BBS seringkali digunakan untuk merujuk ke forum-forum apa saja yang terhubung secara online

Bulletin Board System (BBS) merupakan perintis dalam bentuk modern dari Word Wide Web dan aspek lainnya dari internet. Kebanyakan BBS merupakan fenomena sosial yang tinggi karena digunakan untuk bertemu dengan orang-orang, mengadakan diskusi pada message board serta mempublikasikan artikel, dengan menggunakan aplikasi ini. BBS juga merupakan fenomena lokal karena kebanykan pengguna yang mengakses BBS tinggal di area yang sama.

Berdasarkan penjelasan-penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Bulletin Forum adalah suatu pusat pesan elektronik yang menyajikan minat spesifik dari suatu grup. Dan untuk menggunakan bulletin forum, seseorang harus memutar nomor dengan modern, melihat pesan-pesan yang ditinggalkan oleh orang-orang lain dan meninggalkan pesan-pesan kepada yang lainnya. Bulletin forum khususnya adalah tempat terbaik untuk menemukan produk-produk perangkat lunak gratis dan murah.

NEWSGROUP
Newsgroup adalah tempat penyimpangan yang biasanya digunakan oleh usenet (sistem dikusi internet yang tersebar) untuk pesan-pesan yang dikirimkan dari banyak pengguna pada lokasi-lokasi yang berlainan. Terkadang istilah ini membinggungkan karena kebanyakan orang menggunakan newsgroup untuk diskusi kelompok. Perangkat lunak yang digunakan untuk membaca newsgroup adalah Newsreader.

HIRARKI
Newsgroup seringkali diatur menjadi hiraki-hiraki, yang secara teori mempermudah dalam menemukan grup-grup yang berhubungan, Hirarki yang paling umum digunakan adalah hirarki-hirarki usenet.

pada mulanya ada tujuh hirarki utama yang digunakan usenet newsgroup yang seringkali dikenal sebagai "Tujuh Besar" hirarki-hirarki tersebut adalah:
  • comp.* Diskusi dengan topik-topik yang berhubungan dengan komputer
  • news.*  Diskusi seputar usenet
  • sci.*      Diskusi dengan topik-topik ilmiah
  • rec.*     Diskusi tentang aktivitas yang berkaitan dengan rekreasi (seperti game dan hobi)
  • soc.*     Persosialisasian tentang persoalan sosial
  • talk.*     Diskusi tentang persoalan yang dapat diperdebatkan seperti agama dan polotik
  • misc.*    Diskusi dengan topik yang beragam, yang tidak ada dalam hirarki-hirarki diatas.
Sebagai contoh, pengguna yang menggunakan newsgroup dengan hirarki: rec.arts.sf.starwars.games, berarti sedang terlibat dalam diskusi tentang hobi dalam permainan (game).

Belakangan, pada tahun 1995, hirarki baru ditambahkan, yaitu humanities.* yang dibentuk untuk diskusi tentang manusia sehingga "Tujuh Besar" pada akhirnya diubah menjadi "Delapan Besar".

Pada perkembangan yang lebih lanjut, banyak hirarki newsgroup yang dibentuk, yang dapat ditemukan pada banyak server-server berita (news server). Hirarki-hirarki ini termasuk grup-grup yang tidak menggunakan bahasa inggris, grup-grup yang dikelola oleh perusahaan atau organisasi-organisasi tertentu, dan hirarki lokal. Sebagi contoh:
  • de.*              Diskusi-diskusi yang dilakukan di Jerman.
  • fr.*                Diskusi-diskusi yang dilakukan di Perancis
  • miscrosoft.*   Diskusi-diskusi tentang produk-produk Microsoft
  • gnu.*              Diskusi tentang perangkat lunak GNU
  • england.*       Diskusi yang kebanyakan dilakukan secara lokal di Inggris
  • harvard.*       Diskusi lokal yang dilakukan di Harvard
  • fidonet.*        Diskusi yang
  •  
  •  
  •  
mengarhttp://pengertianx.blogspot.com/2013/05/pengertian-newsgroup.htmlah dari FidoNet
Pengertian Newsgroup, newsgroup adalah sebuah wadah atau tempat penyimpanan pesan yang di-posting oleh sekelompok orang yang berada di tempat yang berbeda-beda di seluruh dunia. Dalam pengertian newsgroup, pada dasarnya newsgroup ini merupakan sebuah kelompok diskusi yang berada di dunia maya dengan memanfaatkan fasilitas internet.

Bagi banyak orang terutama orang yang masih awam mungkin tidak begitu paham dengan newsgroup. Karena pada dasarnya newsgroup adalah memang merupakan fasilitas internet yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet. Dan bagi mereka yang bukan pengguna newsgroup pun akan sedikit mengalami kebingungan ketika berhadapan dengan newsgroup.

Pengertian Newsgroup dan Cara Kerjanya


Secara umum memang pengertian newsgroup ini sedikit mirip dengan forum-forum diskusi lainnya yang ada di internet. Hanya saja penggunaannya secara teknis sedikit agak berbeda. Newsgroup biasanya dimiliki oleh perusahaan atau instansi tertentu. Dan penggunaannya diperuntukkan khusus bagi para anggotanya ataupun para pelanggannya. Sebuah instansi atau perusahaan biasanya akan memiliki sebuah server sendiri khusus untuk menampung newsgroup mereka. Atau bisa juga menyewa sebuah newsgroup yang dimiliki oleh instansi lain. Namun ada juga perusahaan atau instansi yang juga menyewakan newsgroup mereka kepada para pengguna lain.

Jadi fungsi newsgroup adalah membantu mengelompokkan berita, yang sangat berguna bagi bagi kelompok berita tertentu. Mereka bisa saling berbagi berita atau pesan dalam newsgroup. Sehingga berita atau pesan ini dapat diakses juga oleh anggota atau pengguna newsgroup dalam satu server tersebut dengan mudah.

Pengertian Newsgroup dan Pengelompokannya


Seperti yang telah diketahui dalam pengertian newsgroup, newsgroup berisi berita ataupun pesan dari penggunanya. Di dalam newsgroup berita ini akan dikelompokkan dalam beberapa kategori atau hirarki. Tujuan dari adanya pengaturan pengelompokan hirarki ini adalah untuk mempermudah pengaturan dan mempermudah penyimpanan berita. Ada banyak hirarki yang telah ada. Namun yang terpopuler ada 8 hirarki, atau yang sering disebut sebagai “The Big 8”.

Pengertian Newsgroup The Big 8


Delapan kategori kelompok atau hirarki yang paling populer dalam newsgroup adalah:
  1. comp.* - Untuk diskusi topik yang berhubungan dengan komputer.
  2. news.* - Untuk diskusi tentang usenet sendiri.
  3. sci.* - Untuk diskusi topik yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan.
  4. rec.* - Untuk diskusi topik yang berhubungan dengan rekreasi, kesenangan, atau hobi.
  5. soc.* - Untuk diskusi topik yang berhubungan dengan masalah-masalah kemasyarakatan.
  6. talk.* - Untuk diskusi topik yang berhubungan dengan politik dan agama.
  7. misc.* - Untuk diskusi topik yang tidak termasuk dalam kategori di atas.
  8. humanities.* - Untuk diskusi topik yang berhubungan dengan filsafat, literatur, dll.

Pengertian Newsgroup dan Sejarahnya


Sejarah pengertian newsgroup, khususnya mengenai hirarki bermula ketika pada awal penggunaan newsgroup ini semua berita masuk ke dalam sebuah hirarki yang bernama net.* yang berisi berbagai jenis berita. Kemudian pada tahun 1986-1987 terjadi sebuah penamaan atau pengelompokan secara lebih detail untuk mempermudah pemilahan jenis berita. Pengelompokan ini menciptakan 7 hirarki yang dinamakan “The Big 7” (comp.* news.* sci.* rec.* soc.* talk. * misc.*).

The Big 7 dijalankan oleh sebuah kelompok atau komunitas yang bernama “Usenet”. Dan dalam perkembangannya ada topik-topik semacam obat-obatan, resep, dan seks yang ternyata tidak diperbolehkan dimasukkan kelompokkan The Big 7. Maka sebagai jalan keluarnya dibuatlah sebuah hirarki baru yaitu alt.*

Pada tahun 1995 karena dibuatlah sebuah hirarki baru yang dinamakan humanities.* yang berisi berita atau bahasan mengenai filsafat, literatur, humaniora, dll. Dan seiring perkembangannya humanities.* semakin populer dan banyak digunakan. Sehingga akhirnya humanities.* ini masuk dalam kelompok The Big 7, yang lalu disebut sebagai “The big 8”.

Pengertian Newsgroup dan Hirarki Selain "The Big 8"

Dalam pengertian newsgroup, selain The Big 8 masih ada banyak hirarki newsgroup lainnya yang mulai bermunculan. Namun penggunaan hirarki lain ini memang tidak sebesar The Big 8. Hirarki-hirarki lain tersebut diantaranya adalah : cn.* (Newsgroup China), de.* (Newsgroup Jerman), uk.* (newsgroup United Kingdom / Inggris), fr.* (Newsgroup Perancis),dan masih ada banyak lagi lainnya.
Hoax adalah email peringatan atau pemberitaan palsu untuk memperdayai orang-orang agar mempercayainya yang biasanya diakhiri dengan himbauan untuk menyebarkannya seluas-luasnya.
Hoax banyak beredar melalui pesan email dan fasilitas chat, sehingga orang-orang yang kurang waspada akan menelan mentah-mentah suatu informasi tanpa melakukan chek dan rechek. Hoax bisa menyebabkan pengaruh yang sangat buruk, karena dengan informasi yang menyesatkan bisa menimbulkan bencana bagi orang lain.
Contoh Hoax : misalnya kita sewaktu membuka email kita, lalu kita menerima email dari orang yang tidak kita ketahui dan tidak kita kenal, dimana isi emailnya tersebut menjanjikan kita sesuatu yang mustahil. Misalnya saja isinya mengatakan bahwa kita mendapatkan hadiah mobil.
Ciri-ciri Hoax :
1. Didistribusikan via email, bisa juga lewat fitur-fitur lain semacam message, bulletin Friendster, atau bahkan lewat sms pun sebuah hoax dapat disebarluaskan.
2. Isinya berisi pesan yang membuat cemas, panik para pembacanya, bahkan hoax sering dibuat sebagai lelucon untuk membuat kebingungan, memprovokasi perubahan sosial atau membuat orang-orang waspada akan sesuatu.
3. Diakhiri dengan himbauan agar si pembaca segera memforwardkan warning tsb. ke forum yang lebih luas. Hoax ini memanfaatkan iktikad baik si pembaca, sehingga pembaca email ini tanpa meneliti lebih dahulu kebenaran beritanya, langsung segera menyebarkannya ke forum yang lebih luas. Akibatnya lalu lintas peredaran data di internet makin padat dengan berita yang tidak benar.
4. Biasanya pengirim awal hoax ini tidak diketahui identitasnya.
Definisi Spam :
Spamming adalah mengirim mail yang mungkin tidak diinginkan/tidak disukai penerima email. Jumlah email yang dikirimkan tidak hanya satu, bahkan bisa ribuan dan email yang dikirimkan biasanya sama.
Penerima email itu bisa sekaligus ratusan dan bisa juga ribuan. Dalam bentuknya yang parah spamming kadang sering juga disebut floading. Maksudnya adalah si pengirim membanjiri emailbox seseorng sehingga akhirnya jumlah totalnya melebihi kuota alokasi ruangan yang diperuntukkan bagi emilbox tersebut.
Posting yang sering mengakibatkan SPAMMING, misalnya: berita warning virus, media buyer, multi level marketing, surat berantai, surat yang tidak berarti (junk mail), bomb mail (mengirim email sama berulang-ulang) dan hoax email (email bohong, dari sumber yang tidak jelas).
Yang akan diakibatkan oleh adanya spamming adalah emailbox tidak bisa diakses sama sekali, hilangnya email-email penting, bahkan parahnya lagi dapat merusak email server, sehingga mengakibatkan keadaan dimana server tidak menberikan respon terhadap perintah yang diberikan kepadanya.
Ciri-ciri Spam :
1.     Membuat crash suatu program dengan memakai buffer yang menggunakan input data terlalu besar.
2.     Mengirimkan suatu pesan ke newsgroup menyebabkan forum tersebut penuh dengan pesan yang tidak relevan.
3.     Mempostingkan artikel ke banyak newsgroup atau mailing list. Hal ini disebut juga ECP (Excessive Cross-Posting).
4.     Membombardir suatu newsgroup/mailing list dengan copy-an suatu artikel yang sama. Hal ini diistilahkan EMP( Excessive Multi-Posting).
5.     Mengirimkan banyak email serupa yang tidak diharapkan oleh pembacanya, terutama yang berkaitan dengan iklan suatu produk.
6.     Output yang besar dan menjengkelkan. Misalnya terjadi pada seorang pengguna IRC yang beranjak sebentar dari monitor, kemudian saat kembali seringkali merasa jengkel melihat kalimat yang mungkin terdiri dari beratus-ratus baris. Ini dikategorikan juga sebagai spam. Spam ini sangat mengganggu, terutama bagi user yang bandwith koneksi internetnya kecil, tidak memiliki waktu luang untuk mengakses internet, atau kuota emailnya dibatasi.
Kode Etika yang menyangkut Hoax dan Spam :
· Pada UU ITE pasal 28 ayat 1 : Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik.
· Pada UU ITE pasal 29 : Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan Informasi Elektronik atau Dokumen Elektronik yang berisi ancaman kekerasan atau menakutnakuti yang ditujukan secara pribadi.
Solusi agar terhindar dari Hoax :
1.     Jika menerima email berisi warning akan ancaman virus disertai himbauan agar menyebarkannya seluas-luasnya, maka lebih baik warning tersebut jangan disebarkan dulu sebelum yakin akan kebenaran isinya.
2.     Periksalah terlebih dahulu, apakah warning itu termasuk kategori Hoax atau bukan, lewat search engine (google.com, dll) atau langsung mengakses situs-situs yang didedikasikan untuk menghadapi Hoax.
3.     Selalu mengupdate Virus List pada Software Anti Virus kita.
Solusi agar terhindar dari Spam :
1.     Jangan sekali-kali merespon spamming mail.
2.     Jangan sekali-kali mereply spamming mail dengan kata "remove". Hal ini akan mengakibatkan email dicatat sebagai email yang aktif, dan akibatnya alamat akan dicantumkan pada list yang lain. Akibatnya akan menerima lagi spamming-mail.
3.     Jangan mengakses website yang direkomendasikan dalam spamming mail tersebut. Akses ini akan dimonitor, dan berfungsi sebagai alat validitas alamat email. Selanjutnya kita tidak akan bebas dari spamming-mail.
4.     Jangan sekali-kali men-sign-up suatu site yang menjanjikan bahwa alamat kita akan dihapus dari suatu list spamming-mail. Dengan menuliskan alamat kita, berarti kita memberikan informasi alamat email kita pada pengelola situs tersebut, dan kebanyakan mereka berperan sebagai kolektor alamat email.
Hal yang dilakukan bila terlanjur menerima spamming-mail :
1.     Janganlah mengirimkan complain kita ke pengirim spamming-mail.
2.     Janganlah sekali-kali mematuhi "petunjuk" agar didrop dari mailing list mereka sebagaimana diberikan di bagian akhir spamming-mail tersebut. Akan tetapi kirimkan complain pada ISP (Internet Service Provider).
Gopher adalah protokol layer aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk distribusi, pencarian, dan pengambilan dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada desain dokumen menu, protokol Gopher disajikan menarik untuk alternatif World Wide Web pada tahap awalnya, tapi akhirnya gagal mencapai popularitas.
Protokol ini menawarkan beberapa fitur yang tidak didukung oleh native Web dan menerapkan hierarki yang lebih kuat pada informasi yang tersimpan di dalamnya. Menu teks antarmuka yang mudah digunakan, dan cocok untuk lingkungan komputasi yang sangat bergantung pada remot teks berorientasi terminal komputer, yang masih umum pada saat pembentukannya pada tahun 1991, dan kesederhanaan protokol yang difasilitasi berbagai implementasi klien. Revisi gopher yang lebih baru dan klien grafis menambahkan dukungan untuk multimedia.
Dengan struktur hierarki, Gopher memberikan platform berguna untuk skala besar koneksi perpustakaan elektronik pertama. Pengguna Gopher ingat bahwa sistem "lebih cepat dan lebih efisien dan jauh lebih terorganisir" dari layanan Web saat ini. Meskipun sebagian besar digantikan oleh Web pada tahun berikutnya, protokol Gopher masih digunakan oleh penggemar, dan server populasi kecil tetap aktif dipertahankan.
Address Book atau Contacts
     Address Book atau sering juga disebut Contacts merupakan istilah untuk daftar nama dan alamat e-mail pada sebuah program e-mail client. Kedua istilah ini umum digunakan pada berbagai macam e-mail client. Biasanya isi dari Address Book atau Contacts tidak hanya berupa nama dan alamat e-mail saja, melainkan informasi kontak tambahan seperti alamat kantor, alamat rumah, nomor telepon, dan banyak lagi.
BCC
     BCC merupakan kependekan dari Blind Carbon Copy. Istilah ini merupakan sebuah fasilitas dari sistem e-mail yang memungkinkan penggunanya melakukan pengiriman e-mail yang sama ke banyak alamat, namun para penerimanya tidak bisa melihat alamat e-mail yang dituliskan pada kolom BCC ini. Tujuannya adalah untuk menyembunyikan alamat-alamat lain yang juga dikirimi e-mail serupa. Yang dapat melihat alamat pada kolom BCC ini hanyalah si pengirimnya saja.
Pengertian VOIP
VOIP singkatan dari Voice Over Internet Protocol atau biasa disebut digital phone merupakan salah satu bagian dari teknologi transmisi untuk mentransmisikan komunikasi suara melalui IP, seperti internet ataupun packet-switched networks. Dengan menggunakan VoIP, kita dapat melakukan panggilan telepon melalui koneksi internet, tidak lagi menggunakan saluran telepon konvensional yang melakukan transmisi secara analog. Beberapa layanan VoIP hanya bisa di gunakan untuk melakukan panggilan ke orang lain yang menggunakan layanan yang sama. Tetapi ada juga layanan VoIP yang dapat melakukan panggilan kepada siapa saja melalui nomor telepon, lokal, jarak jauh, mobile phone bahkan nomor internasional.

Cara kerja VOIP
VoIP mengkonversikan atau mengubah suara anda yang merupakan sinyal analog menjadi sinyal digital yang ditransmisikan melalui internet. Tidak seperti telepon konvensional yang mentransmisikan suara anda menggunkan sinyal listrik melalui kabel. VoIP dapat digunakan langsung melalui komputer, telepon khusus VoIP ataupun pesawat telepon konvensional yang tersambung menggunakan alat khusus yang dinamakan VoIP adapter.

Secara garis besar layanan VoIP dapat dibagi menjadi 4, yaitu :
1. Computer to Computer
Layanan ini merupakan layanan voice call yang menggunakan komputer sebagai alat komunikasi. Dengan menggunakan layanan khusus di internet kita bisa menggunakan komputer kita yang telah terhubung dengan internet untuk melakukan panggilan ke komputer lain yang menggunakan layanan yang sama. Banyak penyedia layanan VoIP di internet. Salah satu layanan yang mendukung panggilan suara melalui internet adalah Yahoo messenger. Dengan menggunakan Yahoo messenger kita bisa melakukan voice call dengan sesama user. Begitu juga penyedia layanan lainnya, seperti MSN messenger ataupun Skype. Layanan VoIP computer to computer dapat dilakukan secara gratis, anda hanya cukup menyediakan koneksi internet pada komputer anda.

2. Computer to Phone
Layanan ini merupakan layanan yang memungkinkan kita melakukan panggilan dari komputer ke telepon, baik itu telepon tetap (PSTN) ataupun mobile phone (handphone). Layanan ini juga membutuhkan penyedia layanan di internet. Salah satu penyedia layanan ini adalah Skype. Layanan ini juga tidak gratis seperti layanan computer to computer VoIP, layanan ini membutuhkan biaya yang harus dibeli terlebih dahulu (sistem prabayar). Cara menggunakan layanan ini juga tidak sulit. Pertama, kita harus memiliki account di penyedia layanan terkait, biasanya membuat account tidak di pungut biaya. Lalu kita membeli credit atau bisa juga disebut pulsa, yang nantinya akan digunakan untuk melakukan panggilan ke telepon. Panggilan yang dilakukan tidak hanya ke nomor telepon lokal, namun panggilan dapat dilakukan untuk menghubungi nomor internasional di seluruh dunia. Dan juga, kita dapat melakukan panggilan baik ke telepon tetap ataupun handphone. Tarif yang digunakan mengacu pada penyedia layanan.

3. Phone to Computer
Layanan VoIP call ini merupakan layanan yang memungkinkan anda melakukan panggilan dari telepon ke komputer. Lagi-lagi penyedia layanan yang mendukung layanan ini salah satunya adalah Skype. Saat kita mempunyai account skype, kita juga dapat mempunyai apa yang di sebut Online Number. Online number inilah yang nantinya dapat di hubungi dari telepon manapun.

4. Phone to Phone
Layanan dilakukan dengan menggunakan pesawat telepon khusus atau telepon konvensional yang di hubungkan dengan VoIP adapter. Untuk menggunakan layanan ini kita harus menggunakan penyedia layanan phone to phone VoIP. Salah satu penyedia layanan ini adalah Phone Power. Dengan layanan ini kita dapat melakukan panggilan kemana pun diseluruh dunia yang menggunakan alat yang mendukung.
CC
: adalah kependekan dari Carbon Copy, maksudnya adalah salinan email kepada penerima lain. Agar lebih jelas, saya uraikan dengan ilustrasi seperti ini :

Misalkan Saya mau berkirim email kepada dua penerima yaitu Ali dan Budi, maka Ali adalah penerima utama sedangkan Budi sebagai penerima kedua. Ali mengetahui bahwa Budi juga menerima email dari saya. Demikian pula sebaliknya. Dalam kasus ini fungsi cc: digunakan, caranya dengan menuliskan alamat email Ali ditulis di kolom To: dan alamat email Budi ditulis di kolom cc:.sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar